5 Tips Mendesain Interior Rumah dengan Mudah Saat New Normal

Diposkan: 28 Oct 2020 Dibaca: 135 kali


Hampir 10 bulan terakhir ini seluruh di dunia dilanda sebuah virus yang mewabah yaitu wabah virus covid-19. Wabah yang telah menjadi pandemi Covid-19 ini mengubah banyak aspek kehidupan sehari-hari. Sejak disosialisasikannya adaptasi kebiasaan baru atau new normal, banyak hal yang harus kita sesuaikan.  Bekerja dari rumah (work from home), belajar dari rumah (school from home), dan beribadah di rumah (pray at home) adalah tiga aktivitas yang sudah menjadi kenormalan baru. Suka tidak suka, kehidupan sehari-hari kita tak akan lagi sama seperti kondisi sebelum Pandemi Covid-19. Bagaimana kemudian kita dapat terus beraktivitas, mengadopsi dan menjadi bagian dari kebiasaan baru? Tentu saja, cara paling aman dan nyaman yang dapat kita lakukan adalah menerapkan protokol kesehatan. Berikut kami sajikan lima tips menata rumah saat new normal:

1. Siapkan ruangan untuk kegiatan produktifitas seperti bekerja dan belajar

Memiliki ruang kerja pribadi bisa membantu Anda lebih berkonsentrasi saat bekerja dari rumah. Anda bisa menciptakan sudut kerja nyaman laiknya perkantoran yang dapat menunjang produktivitas. Pilih furnitur meja dan kursi kerja dengan penyimpanan yang cukup untuk menaruh dokumen penting. Saat memilih kedua benda ini, pastikan tingginya sejajar dengan arah pandang, memiliki dudukan dan sandaran yang nyaman.

 
   

2. Berikan Dekorasi Taman pada Ruangan

Lamanya waktu yang dihabiskan di rumah bukan tak mungkin membuat Anda bosan. Anda bisa mengakali hal ini dengan menambahkan elemen dekorasi berupa tanaman dalam pot. Memelihara tanaman juga membantu menjaga kesehatan mental, yaitu meredakan stres fisiologis dan psikologis. Saat aktivitas sehari-hari terasa berat, merawat tanaman dapat membantu Anda mengalihkan pikiran agar lebih rileks.

3. Pilihlah ruang penyimpanan atau tempat menyimpan yang efektif.

Tahukah Anda, ruang yang berantakan dan tidak tertata bisa memengaruhi suasana hati. Bukan hanya membuat suasana hati jadi suram, ruangan yang berantakan pun cenderung membuat malas dan dapat menunda pekerjaan. Selain tak nyaman dipandang mata, ruangan berantakan juga tidak bagus untuk kesehatan. Pada era new normal yang segalanya serba dilakukan di rumah, ruangan bersih dan rapi menjadi keharusan. Jadi, jangan sepelekan pentingnya tempat penyimpanan. Tentukan rak atau lemari yang Anda butuhkan? Lemari tertutup atau rak terbuka? Tempat penyimpanan yang pas akan menjaga rumah Anda bebas dari debu.

4. Bebaskan ruang dan pilih dekorasi yang esensial

Berdiam di rumah bukan berarti minim bergerak, terutama pada era sekarang ini di mana kesehatan menjadi prioritas utama lebih dari sebelumnya. Tetap aktif bergerak di rumah bukan hal yang mustahil, lho. Kuncinya ada pada penataan ruang agar cukup luas untuk berolahraga. Mewujudkannya tak sulit, mulailah dari menata barang-barang dan decluttering sampai tersisa hanya dekorasi dan furnitur yang esensial. Atur barang penting yang selalu Anda gunakan sehari-hari. Dengan demikian, ketika ingin berolahraga, Anda  bisa menyingkirkan barang tersebut sementara dan menatanya kembali dengan mudah.

5. Perhatikan ventilasi udara dan pencahayaan yang masuk kedalam rumah

Ventilasi udara yang baik adalah salah satu syarat rumah sehat. Perhatikan ventilasi di rumah, apakah Anda cukup sering membuka jendela? Sirkulasi udara yang baik akan membantu Anda membersihkan ruangan dari debu, kuman, dan kotoran. Pencahayaan alami juga sama pentingnya. Kurang asupan cahaya matahari membuat ruangan lembab, dan bisa menjadi sarang berkembangbiaknya penyakit. Buka jendela pada pagi hari agar ruangan mendapat sinar matahari dan aliran udara baru. Tidak sulit kan menata rumah yang sehat saat new normal? Rumah yang sehat membantu Anda menjalani aktivitas sehari-hari.


 

 

 

 

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Arsigriya © 2020. Web by . All Rights Reserved